Rabu, 12 November 2014

Budaya Pintu Air 10 di Kota Tangerang

Bendungan Pintu Air Sepuluh
Bendung pasar baru terletak di jalan K.S Tubun, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Bendungan ini di bangun tahun 1928 dan mulai di oprasikan tahun 1928 dan mulai di oprasikan tahun 1932 di masa penjajahan Belanda.Bendungan tersebut mampu mengairi +/-1.500 Ha sawah yang berada daerah kota dan kabupaten tangerang.Bendungan ini lebih di kenal dengan sebutan "bendungan pinta air sepuluh"atau"sangego". Sejarah Bendungan pasar baru di bangun pada tahun 1927 dan di resmikan tahun 1930. Keperluan di bangunnya bendungan untuk mengairi areal persawahaan seluas 40.663 Hektar. Bendungan ini awalnya bernama bendungan sangego, kemudian berubah menjadi Bendungan Pasar Baru. Perubahan pada bendungan ini tidak terlalu banyak karena terlihat dari peralatan dan mesin yang di gunakan sudah tua.

Fungsi bangunan sebagai bendungan maka inti bangunan adalah untuk mengatur aliran air di sungai cisadane. Bangunannya terdapat 10 pintu air dari besi 11 tiang penopangnya, konstruksi terbuat dari beton bertulang, pada sisi utara dan selatan bangunan terdapat rel lori yang digunakan untuk mendistribusikan pintu air pengganti jika ada pintu air yang rusak. Bendungan memanjang dari timur ke barat dengan panjang 125 m dengan rincian 10 pintu air, lebar pintu 10m 3 intake, 2 pintu penguras lumpur, pintu bawah 5 m , tinggi pintu atas 3 m, dan berat pintu masing masing 25 ton. Bangunannya memiliki 2 tingkat, penghubung ke lantai atas menggunakan tangga yang berada di ujung timur dan barat bangunan. Bagian ujung barat dan timur bangunan menggunakan tegel berwarna abu abu, bercorak kotak-kotak dan berukuran 20x20cm. Pada lantai dua terdapat 5 ruang yang berisi penggerak pintu air, alat alat yang digunakan pada bendungan ini sudah cukup mengkhawatirkan sehingga perlu perbaikan.
 
Sebelah barat bendungan terdapat bangunan berdenah persegi, pintu berupa rolling door dari besi. Bangunan tersebut digunakan untuk menyimpan lori dan gudang, keadaan bangunan tersebut cukup terawat dan lori masih bisa digunakan hingga sekarang.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar